24 August 2022

SWASTI PRAPTA! ANTHONY GARBELOTTO RESMI JADI PELATIH BARU BALI UNITED BASKETBALL

Terjawab sudah teka-teki sosok pelatih kepala Bali United Basketball untuk kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) musim depan. Setelah sempat kosong sejak tanggal 15 April lalu akibat berhentinya Aleksandar Stefanovski, tepat pada hari Rabu (24/8) ini skuad Tridatu Warriors resmi mengumumkan pelatih baru.

Dia adalah Anthony Garbelotto yang namanya sudah sangat tidak asing di telinga pecinta basket nasional. Ia resmi bergabung ke Bali United Basketball usai didatangkan dari tim NSH Mountain Gold Timika dengan kontrak satu musim plus opsi perpanjangan satu musim.

Rekam jejak dan performa apiknya selama membesut NSH membuat manajemen Bali United Basketball terpikat. Bersama tim asal Papua tersebut, Coach Tony –panggilan akrabnya– sukses menembus fase playoff IBL musim ini.

Padahal, ini adalah kali pertama pelatih asal Inggris itu melatih di kancah basket nasional. NSH yang pada musim sebelumnya dianggap sebelah mata, kini di bawah besutannya berubah menjadi kuda hitam dengan berhasil menduduki peringkat ke-3 Divisi Putih IBL.

Bersama NSH, Coach Tony telah memenangkan gim sebanyak 14 kali dan hanya kalah 8 kali saja. Tim dengan warna kebesaran hitam dan oranye ini pun menjadi penantang serius bagi tim besar macam Prawira Bandung dan Pelita Jaya.

Mengarungi musim kompetisi tanpa pemain berstatus bintang, Coach Tony nyatanya mampu menembus fase playoff IBL musim ini bersama NSH. Permainan cepat dan agresif nan efektif yang dimotori oleh Shavar Newkirk, Hengki Irfandi, dan sejumlah amunisi miliknya menjadi kunci.

Pelatih berusia 53 tahun ini mampu membuat timnya tampil menggebrak sepanjang musim ini. Namun, langkah NSH di babak playoff harus terhenti di tangan West Bandits Combiphar Solo usai memaksa mereka memainkan tiga gim.

Kini, dengan semangat dan optimisme tinggi, Coach Tony datang ke Pulau Bali untuk membesut Bali United Basketball. Hal tersebut membuatnya mantap untuk melatih skuad Tridatu Warriors, walaupun musim ini berlangsung sangat buruk bagi Abraham Wenas dan kolega.

Sebagaimana diketahui, pada IBL Tokopedia 2022 ini, skuad Tridatu Warriors terbenam di posisi dua terbawah dari 8 tim klasemen Divisi Putih akibat 14 kekalahan. Namun, prospek cerah yang ada di tim Bali United Basketball membuat Coach Tony yakin akan pilihannya.

“Saya sangat tertarik dengan potensi yang dimiliki klub ini. Klub ini juga memiliki tim besar yang berhasil menjuarai kompetisi sepak bola. Saya juga menyukai proyek pembangunan (Training Center) yang masih dalam tahap awal. Saya merasa bisa membantu membangun brand tim basket yang sama seperti tim sepak bolanya. Jadi, saya sangat bersemangat untuk menghadapi tantangan yang diberikan kepada saya. Saya merasa ini adalah situasi yang tepat dan menarik untuk dunia basket di Indonesia,” ujar Coach Tony antusias.

Coach Tony sendiri memiliki rekam jejak apik di dunia kepelatihan selama berkarier sejak tahun 1992 silam. Sejumlah tim besar di berbagai penjuru dunia pernah dilatih olehnya. Mengawali karier sebagai asisten pelatih di tim London Towers hingga mampu membesut tim sekelas Saigon Heat, Timnas Vietnam, Timnas Inggris Raya, dan juga Timnas Skotlandia.

Secara khusus saat melatih Saigon Heat pada tahun 2014 silam, Coach Tony berhasil mengantarkan tim asal Vietnam ini menembus fase playoff ABL untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Sementara itu, pada tahun 2017 Coach Tony dipercaya memimpin Timnas Skotlandia untuk berkompetisi di ajang Commonwealth Games 2018. Dua tahun berselang, ia melatih Timnas Inggris Raya di Kualifikasi FIBA World Cup 2019.

Sebelum memulai petualangan di IBL bersama NSH Mountain Gold Timika, pelatih kelahiran 2 Januari 1969 ini sempat melatih tim Cyberdyne Ibaraki Robots di B League Jepang.

Swasti prapta Coach Anthony Garbelotto!

Related News


Tinggalkan Balasan