25 August 2022

INI RAHASIA COACH TONY BAWA NSH MOUNTAIN GOLD TIMIKA MENEMBUS PLAYOFF IBL 2022

Anthony Garbelotto datang dengan semangat serta optimisme tinggi untuk melaksanakan tugas barunya sebagai pelatih kepala Bali United Basketball. Berbekal catatan impresif bersama NSH Mountain Gold Timika di IBL Tokopedia 2022, manajemen Tridatu Warriors resmi menggaet pelatih asal Inggris itu pada hari Rabu (24/8) kemarin.

Sepak terjangnya selama membesut NSH Mountain Gold Timika bisa dikatakan sangat memukau. Meskipun IBL Tokopedia 2022 menjadi kali pertama Coach Tony merasakan atmosfer kompetisi basket di Indonesia, tetapi ia mampu tampil menggebrak.

Berbekal materi pemain yang ada, Coach Tony mampu menyulap tim dengan warna kebesaran hitam dan oranye tersebut menjadi kekuatan baru. NSH Mountain Gold Timika yang pada musim sebelumnya dipandang sebelah mata, tetapi kini berubah menjadi tim kuda hitam.

Berada di Divisi Putih yang dihuni oleh tim-tim kuat macam Pelita Jaya Bakrie, Prawira Bandung, Dewa United, dan bahkan Bali United Basketball, NSH Mountain Gold Timika secara tidak terduga mampu melaju ke babak playoff. Shavar Newkirk dan kolega di bawah arahan Coach Tony menduduki peringkat ke-3 klasemen akhir dari total 8 klub.

Berdasarkan catatan pertandingan, NSH berhasil menang 14 kali, hanya kalah 8 kali, dan mengoleksi 36 poin dari total 22 gim. Berkat hasil tersebut, NSH pun berhak melaju ke fase playoff dan bertemu dengan West Bandits Combiphar Solo.

Sayang, langkah mereka harus terhenti setelah memaksakan West Bandits untuk bermain tiga gim. Padahal pada gim kedua playoff (14/8), NSH mampu menang dengan skor 70-47 yang membuat kedua tim harus melalui gim ketiga untuk melaju ke semifinal.

Meskipun demikian, Coach Tony berhasil membuktikan kapabilitasnya sebagai salah seorang pelatih andal di IBL. Walaupun tidak memiliki pemain yang notabene berstatus bintang, eks pelatih Saigon Heat ini mampu berbicara banyak.

Bahkan, pelatih kelahiran 2 Januari 1969 ini mampu mengenali dan memanfaatkan potensi para pemainnya dengan sangat baik. Potensi amunisi seperti Shavar Newkirk, Hengki Irfandi, dan Andre Rorimpandey dipolesnya sedemikian rupa sehingga dapat tampil memukau

Mereka mampu menjadi motor bagi NSH di bawah arahan Coach Tony. Berdasarkan catatan statistik di situs IBL, Shavar Newkirk menjadi pemain yang paling produktif dengan catatan 499 poin, 111 asist, 8 blok, 206 rebound, dan 51 steals.

Lantas apa rahasia utama di balik apiknya musim pertama Coach Tony di Indonesia bersama NSH Mountain Gold hingga mampu menembus babak playoff?

“Sudah jelas bahwa setiap tim sukses selalu menyatukan banyak pemain bersama-sama sebagai satu kesatuan untuk memberikan mereka tujuan. Bersama NSH, saya mampu menemukan banyak pemain untuk percaya kepada filosofi saya dan sekaligus datang bersama-sama untuk meningkatkan level permainan mereka baik secara individu maupun secara kolektif. Kami mendapatkan beberapa hasil baik yang menempatkan kami ke posisi yang tidak terduga di babak playoff. Namun, Anda benar, bahwa itu adalah sesuatu yang saya harapkan mampu kami tunjukkan di sini bersama Bali United,” ungkap Coach Tony.

Berbekal catatan apik bersama NSH di musim pertamanya, Coach Tony tentu bisa melampaui itu semua bersama Bali United Basketball. Apalagi, secara skuad, Tridatu Warriors memiliki deretan pemain dengan kualitas individu yang mumpuni.

Jika mampu memanfaatkan sumber daya yang ada, bukan tidak mungkin Coach Tony mampu membawa Bali United Basketball berbicara banyak di IBL musim depan.

Semangat Coach Tony!

Related News


Tinggalkan Balasan