11 October 2022

IBL DRAFT 2022 DIHUNI OLEH SEJUMLAH PEMAIN ASING BERKUALITAS, APA KATA COACH TONY?

Agenda IBL Draft 2022 akan segera dilaksanakan. Tepat pada hari Selasa (11/10) malam ini, seluruh tim peserta IBL saling bersaing untuk mendapatkan pemain terbaik incarannya.

IBL Draft sendiri adalah agenda rutin menjelang dimulainya musim baru kompetisi yang diadakan agar setiap klub dapat memilih legiun asing dan rookie (pendatang baru). Tahun ini, setiap tim IBL boleh memilih dua pemain asing dan rookie yang telah tersedia di dalam daftar.

Untuk pemain debutan, terdapat dua kategori yakni rookie draft dan rookie combine. Di mana, setiap klub wajib memilih satu pemain rookie tersebut.

Sedangkan untuk legiun asing, setiap tim dapat mengambil dua pemain dengan akumulasi total gaji mereka maksimal 5.000 US dollar. Nominal tersebut sendiri naik dari musim sebelumnya yang total 4.000 dolar.

Pada IBL Draft 2022 ini, terdapat total 255 pemain asing sudah masuk dalam daftar. Adapun rincian berdasarkan posisinya adalah sebanyak 145 pemain berposisi guard, 92 pemain forward, dan 18 lainnya berposisi center.

Seluruh 16 tim IBL pun tidak dapat sembarangan memilih pemain asing incarannya. Pasalnya, selain ada batasan gaji, terdapat pula regulasi mengenai tinggi badan. Di mana, boleh terdapat satu pemain asing bertinggi lebih dari 200 cm. sementara satu lainnya berpostur di bawah 200 cm.

Tahun ini, terdapat sejumlah nama pebasket mancanegara yang tidak asing di pentas IBL. Sebut saja Gary Jacobs Jr, Laquavius Cotton, Akeem Scott , Shavar Newkirk, dan Brachon Griffin.

Mereka semua telah mencicipi persaingan IBL Tokopedia 2022. Salah satunya bahkan pernah bekerja sama dengan pelatih baru Bali United Basketball, Anthony Garbelotto yakni Shavar Newkirk di NSH Mountain Gold Timika.

Selain itu, dalam IBL Draft 2022 juga terdapat sejumlah wajah baru, di antaranya adalah Maxie Esho, Lucas Nogueira, dan Jamahl Smith. Namun, meskipun baru, ketiganya tentu tidak bisa dianggap remeh.

Sebab, mereka memiliki kemampuan dan pengalaman yang luar biasa. Mulai dari Maxie Esho yang tercatat pernah memperkuat Saigon Heat Vietnam dan CLS Knights Indonesia di ajang ASEAN Basketball League musim 2018-2019.

Prestasi gemilang pun ditorehkannya bersama CLS Knights dengan berhasil keluar sebagai juara ABL dan juga meraih gelar MVP ABL 2019 lalu.

Lucas Nogueira juga tidak boleh dianggap sebelah mata. Sebab, pemain timnas basket Brasil tersebut telah malang melintang bermain di sejumlah tim NBA.

Ia pernah memperkuat Boston Celtics melalui jalur Draft NBA dari Dallas Mavericks pada tahun 2013 lalu. Kemudian bermain bersama Atlanta Hawks di ajang Summer League NBA 2013. Lalu pada tahun 2014 hingga 2018 berseragam Toronto Raptors.

Tercatat sudah 141 pertandingan reguler dan 13 pertandingan playoff dilakoni oleh Lucas Nogueira di ajang NBA.

Tidak ketinggalan, Jamahl Smith juga memiliki karier mentereng yang pernah memperkuat New York Knicks (2012-2013) di NBA. Pemain yang akrab disapa Chris Smith itu juga adalah adik J. R. Smith, megabintang tim Cleveland Cavaliers dan Los Angeles Lakers.

Kehadiran ketiga pemain tersebut dalam daftar IBL Draft 2022 tentu semakin menyemarakkan agenda ini. Seluruh tim IBL akan berlomba-lomba memanfaatkan ajang ini untuk menggaet pemain terbaik.

Lantas, bagaimana dengan Bali United Basketball menyikapi deretan bintang asing tersebut?

Sang pelatih kepala, Anthony Garbelotto melihat hal tersebut dengan positif. Sebab, kehadiran pemain asing yang pernah bermain di kompetisi level tertinggi tersebut secara tidak langsung menaikkan pamor kompetisi IBL.

“Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa ada banyak pemain level tinggi di dalam IBL draft tahun ini. Akan sangat menarik untuk menyaksikan apakah pemain tersebut bergabung atau tidak,” ujar Coach Tony.

Meski terdapat banyak pemain asing yang terlihat begitu menjanjikan, Coach Tony tentu tidak akan gegabah dalam merekrutnya. Sebab, ia pastinya sudah memiliki catatan tersendiri menyesuaikan dengan kebutuhan tim.

Secara khusus, pelatih berusia 53 tahun tersebut menegaskan bahwa Bali United Basketball membutuhkan sosok big man dan guard.

Jika berpatok pada rilis resmi pada laman iblindonesia.com, stok guard pada IBL Draft 2022 terbilang sangat melimpah. Di mana terdapat 145 pemain.

Sedangkan untuk posisi big man atau center hanya terdapat sebanyak 18 saja. Hal tersebut membuat Tridatu Warriors harus cukup cerdik untuk mengamankan pemain incaran.

“Kami berusaha untuk menciptakan tim yang seimbang dengan pemain asing di posisi big man dan guard yang mampu bermain dengan pemain lokal kami,” ungkap Coach Tony.

Perjuangan Bali United Basketball untuk mengamankan pemain terbaik pada IBL Draft 2022 sendiri akan dimulai pukul 19.30 WITA malam ini.

Menarik ditunggu, siapa pemain terbaik yang akan bergabung dengan Bali United Basketball?

Related News


Tinggalkan Balasan