11 October 2022

JELANG IBL DRAFT, INILAH KRITERIA PEMAIN INCARAN BALI UNITED BASKETBALL!

Indonesia Basketball League (IBL) tengah bersiap menyongsong musim baru. Salah satu tahap dari serangkaian persiapan jelang menyambut kompetisi tahun 2023 adalah IBL Draft.

Agenda IBL Draft akan dilaksanakan pada hari Selasa (11/10) ini. Seluruh tim peserta IBL pun berkesempatan untuk memilih amunisi anyarnya.

Setiap klub diberikan jatah mengambil dua pemain asing dan satu rookie (pendatang baru) yang telah tersedia di dalam draf. Namun, setiap tim tidak boleh memilih incarannya secara sembarangan.

Pasalnya, terdapat sejumlah peraturan di dalam IBL Draft, antara lain adalah setiap klub diwajibkan mengambil satu orang rookie di draf. Sedangkan untuk pemain asing, masing-masing tim mendapatkan jatah dua pemain dengan akumulasi total gaji maksimal USD 5.000.

Melansir dari laman iblindonesia.com, tahun ini terdapat sebanyak 255 pemain asing sudah masuk dalam daftar, dengan rincian 145 pemain berposisi guard, 92 pemain forward, dan 18 lainnya berposisi center.

Seluruh tim kontestan IBL tentu telah menyiapkan sederet nama pemain incarannya menjelang dimulainya IBL Draft besok. Sebanyak 16 klub akan saling berlomba dan berharap mampu mendatangkan amunisi terbaik.

Sama halnya dengan Bali United Basketball. Menjelang agenda IBL Draft, tim besutan Anthony Garbelotto ini telah mengantongi beberapa nama legiun asing sekaligus rookie untuk didatangkan.

Namun, meskipun demikian, tidak ada jaminan bahwa setiap klub dapat mendatangkan pemain incarannya atau tidak. Sebab, tim berposisi terbawah dalam papan klasemen musim lalu-lah yang berkesempatan memilih lebih dahulu.

Itu artinya, Bima Perkasa Jogja dan Evos Thunder Bogor-lah yang mendapat giliran awal untuk mengamankan pemain incarannya.

Bali United Basketball sendiri mengakhiri IBL Tokopedia 2022 di posisi ke-7 dari 8 tim Divisi Putih dengan koleksi 30 poin. Sedangkan Evos Thunder Bogor berada di peringkat terakhir di bawah Tridatu Warriors dengan 27 poin.

“IBL draft tahun ini akan lebih rumit dari tahun lalu. Ada lebih banyak bakat dan pemain yang tersedia dan juga beberapa tim telah mempertahankan pemain terbaik mereka dari musim lalu. Kami sudah memiliki daftar pemain yang kami targetkan. Namun, tidak ada jaminan bahwa mereka akan tersedia saat kami memilih,” ujar Coach Tony.

Terlepas dari hal tersebut, Bali United Basketball sendiri telah menetapkan pemain incarannya dalam IBL Draft. Nantinya, amunisi yang hendak didatangkan diprioritaskan berposisi sebagai big man.

Hal tersebut tentu dengan pertimbangan berkaca dari performa buruk musim lalu. Pasalnya, sektor big man Tridatu Warriors begitu lemah, utamanya seusai ditinggalkan oleh Komink Indrawan akibat cedera.

Maka dari itu, Coach Tony berusaha keras menggaet big man asing yang tangguh untuk memperkuat permainan timnya musim depan.

“Target utama kami adalah mendatangkan big man asing yang tangguh,” ungkap Coach Tony.

Lebih lanjut, selain mencari big man, pelatih asal Inggris tersebut juga mengincar guard untuk semakin memperkuat dan menyeimbangkan tim Bali United Basketball. Jika mampu mendapatkan pemain yang sesuai pada dua posisi tersebut, maka skuad Tridatu Warriors akan semakin lengkap.

Sebelumnya, posisi guard murni Bali United Basketball di ajang IBL Tokopedia 2022 dihuni oleh sosok pemain asing Kendal Yancy.

“Kami berusaha untuk menciptakan tim yang seimbang dengan pemain asing di posisi big man dan guard yang mampu bermain dengan pemain lokal kami,” pungkas Coach Tony.

IBL Draft sendiri dapat disaksikan secara langsung melalui kanal YouTube resmi IBL TV  malam ini pukul 19.30 WITA.

Selamat berjuang memilih pemain terbaik Tridatu Warriors!

Related News


Tinggalkan Balasan