8 November 2022

TERSINGKIR DARI IBL INDONESIA CUP 2022, BADAI CEDERA HANTAM SKUAD BALI UNITED BASKETBALL

Perjalanan Bali United di IBL Indonesia Cup 2022 telah resmi berakhir hari ini (8/11). Skuad Tridatu Warriors yang berada di Grup C gagal lolos ke fase playoffs turnamen pre-season ini.

Hasil antiklimaks dua kekalahan berbanding satu kemenangan yang diraih oleh Bali United Basketball sepanjang fase grup ini belum cukup. Alhasil, Abraham Wenas dan kolega harus puas menduduki peringkat tiga klasemen Grup C dengan torehan empat angka.

Dua kekalahan dari Bima Perkasa Jogja (4/11) dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta (6/11) dengan masing-masing skor akhir 43-46 serta 62-77 membuat langkah Bali United Basketball tersendat.

Sementara itu, meski sukses meraih kemenangan dramatis 74-73 atas RANS PIK Basketball (8/11), skuad racikan Anthony Garbelotto belum berkesempatan melangkah dari fase grup.

Walaupun perjalanan Bali United Basketball harus terhenti, tetapi semangat juang, kerja keras, serta usaha ekstra para pemain patut diacungi jempol. Pasalnya, Surliyadin cs telah mengerahkan kemampuan terbaiknya di atas lapangan.

Bahkan, demi meraih kemenangan dan hasil maksimal bagi Bali United Basketball, seluruh pemain rela jatuh bangun di atas lapangan Sritex Arena, Solo. Sepanjang tiga game, sudah tidak terhitung berapa kali tubuh penggawa Tridatu Warriors harus terbentur dan rebah.

Namun, bak sudah jatuh tertimpa tangga, perjuangan Bali United Basketball di IBL Indonesia Cup 2022 ini harus dibayar dengan sangat mahal. Pasalnya, sejumlah penggawa Tridatu Warriors harus menderita cedera usai mentas di Sritex Arena, Solo.

Tidak tanggung-tanggung sebanyak enam roster Bali United Basketball dipastikan mendapatkan cedera. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh tim medis fisioterapi Bali United Basketball, Alfian Indrayuda.

Sejatinya, terdapat beragam penyebab dari cederanya enam roster Tridatu Warriors, tetapi licinnya lapangan Sritex Arena, Solo yang mendominasi faktor di baliknya. Sebab, terdapat tiga pemain yang menjadi korbannya.

“Banyak faktor yang memengaruhi cedera, selain dari sisi lapangan licin, banyaknya pemain yang mengalami kelelahan fisik dan mental,” ujar Alfian Indrayuda.

Berikut ini adalah daftar lengkap penggawa Bali United Basketball usai mengarungi IBL Indonesia Cup 2022:

1. ABRAHAM WENAS

Point guard penting dalam skuad Tridatu Warriors ini harus mengakhiri penampilannya di atas lapangan lebih cepat dibandingkan rekan-rekannya saat melawan RANS PIK Basketball hari ini akibat terpeleset dan tertimpa lawan. Akibat dari hal tersebut, pemilik nomor punggung 6 itu terpaksa harus dibopong keluar lapangan karena menderita cedera ankle (sprained ankle).

Abraham pun diperkirakan harus absen selama dua hingga tiga pekan ke depan untuk memulihkan kondisinya.

2. IRVINE KURNIAWAN

Pemilik nomor punggung 10 itu mengalami cedera pangkal paha (groin sinistra) usai terpeleset saat berlaga menghadapi Pelita Jaya Bakrie Jakarta (6/11) lalu. Irvine pun diperkirakan baru bisa kembali pulih dalam dua hingga tiga pekan ke depan.

3. RICO ADITYA

Lapangan licin lagi-lagi menelan korban, yakni Rico Aditya. Power forward itu beberapa kali terpeleset kala berlaga membela Bali United Basketball.

Akibat dari hal tersebut, Rico pun harus menepi dua hingga tiga pekan ke depan.

4. GALANK GUNAWAN

Sebelum tiga rekannya tersebut, Galank Gunawan juga telah mengalami cedera. Big man tangguh itu terpaksa absen di game terakhir melawan RANS PIK hari ini karena menderita cedera tendinitis achilles (tendon yang menghubungkan antara otot dan tulang tumit.

Cedera tersebut didapatkan oleh pemain bernomor punggung 66 itu saat sesi latihan tengah berlangsung. Akibat dari hal tersebut, ia pun membutuhkan waktu selama dua hingga tiga pekan untuk bisa pulih 100%.

5. NEO PANDE

Pemain yang tampil bersinar kala melawan Pelita Jaya Bakrie dengan torehan 11 poin dan 7 rebounds itu juga mengalami cedera. Karena mengalami benturan fisik dengan lawannya, Neo menderita cedera bahu (shoulder instability).

Neo pun diperkirakan membutuhkan waktu istirahat selama satu hingga dua pekan ke depan.

6. SURLIYADIN

Surliyadin semakin memperpanjang daftar cedera para pemain Bali United Basketball. Pemilik nomor punggung 52 itu mengalami benturan dengan pemain lawan saat menghadapi RANS PIK yang menyebabkan pembengkakan di betisnya.

Beruntung, waktu pemulihan Surliyadin tergolong cepat yakni satu pekan.

Semoga saja seluruh pemain dapat pulih tepat waktu dan segera bermain serta berlatih kembali untuk mempersiapkan tim menatap agenda IBL 2023 mendatang.

Speedy recovery Tridatu Warriors!

Related News


Tinggalkan Balasan