13 October 2022

MANTAPKAN PILIHAN! INILAH PARA PEMAIN ANYAR BALI UNITED BASKETBALL DARI IBL DRAFT 2022

Indonesian Basketball League (IBL) telah merampungkan satu agenda jelang dimulainya musim baru yakni IBL Draft hari Selasa (11/10) lalu. Berlangsung secara daring, seluruh tim kontestan berkesempatan memilih amunisi anyarnya untuk IBL 2023.

IBL Draft sendiri menjadi wadah bagi 16 tim memilih pemain pendatang baru (rookie), pemain asing, dan pengumuman rookie rekomendasi.

Untuk dapat memilih pemain, setiap klub diberikan sebanyak dua kali kesempatan dalam dua ronde. Namun, khusus untuk pemilihan rookie, masing-masing tim tidak diwajibkan memilih pada ronde kedua.

Bali United Basketball memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sangat baik. Tridatu Warriors yang diwakilkan oleh manajer tim, Sigit Sugiantoro dan asisten pelatih Ngurah Teguh mantap menggaet pemain baru.

Membuka IBL Draft dengan memilih pemain rookie, Bali United Basketball memantapkan pilihan mengambil Muhammad Rafie Fadhal. Ia adalah mahasiswa Universitas Padjadjaran berusia 22 tahun.

Berposisi sebagai small forward dan shooting guard, ia terpilih untuk mengisi slot rookie dalam tim Bali United Basketball musim depan.

“Harapan saya adalah mencari ilmu baru dari senior dan pelatih di sana. Insya Allah saya bisa membantu Bali United ke depannya,” ujar Muhammad Rafie kemarin.

Bali United Basketball sendiri merasa puas dengan Muhammad Rafie sehingga tidak memilih pada ronde kedua draft rookie.

Selepas itu, Bali United beranjak untuk memilih legiun asing. Masih mendapat urutan ke-5, Tridatu Warriors mengamankan Dior Lowhorn.

Nama Dior Lowhorn sendiri sudah sangat tidak asing di telinga pecinta IBL. Pasalnya, ia sudah lama malang melintang di kompetisi basket nasional bersama Satria Muda Pertamina Jakarta (2017–2019) dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta (2019-2020 dan 2021).

Dengan postur kokoh setinggi 199 cm dan berat 100 kg, Dior menjadi momok menakutkan di paint area lawan sebagai center, power forward, maupun small forward. Meskipun berusia 35 tahun, tetapi musim lalu saat berseragam Pelita Jaya, ia tampil apik dengan mengantar timnya melaju ke babak final.

Sedangkan pada ronde kedua pemilihan pemain asing, Bali United Basketball mengamankan Julius Bowie. Berusia 30 tahun dan ditunjang postur setinggi 196 cm, ia beroperasi sebagai point guard.

Ia pun pernah bermain dengan sejumlah tim profesional di NBA Development League, Australia dan Britania Raya.

Semakin lengkap, Bali United Basketball juga mengamankan aset berharga yakni Gede Elgi Wimbardi dengan status sebagai rookie rekomendasi pada IBL Draft kemarin.

Kedatangan pemain tersebut tentu diharapkan mampu menjawab ekspektasi dan membawa perubahan positif bagi Bali United Basketball dalam mengarungi IBL 2023 mendatang.

"Yang pasti, terutama pemain asing harus bisa memberikan dampak yang positif, bisa bermain secara tim, berkontribusi dalam offend dan defend, dan bekerja sama. Itulah terpenting yang diharapkan oleh Coach Tony,” ujar asisten pelatih Bali United Basketball, Rusta Wijaya.

Berikut ini adalah rekap pemain pilihan Bali United Basketball dalam IBL Draft 2022:

1. Muhammad Rafie Fadhal (rookie)
2. Dior Lowhorn (pemain asing 1)
3. Julius Bowie (pemain asing 2)
4. Gede Elgi Wimbardi (rookie rekomendasi)

Semoga para pemain tersebut dapat memberikan penampilan terbaik bersama Bali United Basketball musim depan.

Related News


Tinggalkan Balasan