15 January 2023

BALI UNITED BASKETBALL KALAH DARI RJ AMARTHA HANGTUAH JAKARTA, COACH TONY: BANYAK MENYIA-NYIAKAN FREE THROW

Bali United Basketball harus menerima start kurang baik dalam membuka langkah di IBL Tokopedia 2023 Seri 1 Denpasar usai menerima kekalahan dengan skor 71-75 dari RJ Amartha Hangtuah Jakarta pada Sabtu (14/1) malam kemarin di GOR Merpati Denpasar.

Skuad Tridatu Warriors terpaksa merelakan keunggulan yang didapatkan sejak kuarter pertama pupus pada delapan menit terakhir gim karena sang rival lebih mendapatkan momentum.

Dior Lowhorn dkk belum mampu membendung laju RJ Amartha Hangtuah Jakarta yang dimotori oleh duo pemain asingnya yakni Emmanuel Malou dan Joe-Junior Mvuezolo yang secara kolektif mencetak total 39 angka.

Salah satu permasalahan yang dapat menjadi pelajaran berharga bagi Coach Anthony Garbelotto usai gim ini adalah rendahnya akurasi tembakan gratis.

Di mana, Bali United Basketball memiliki akurasi yang sangat rendah yakni 53% (17/32) dibandingkan dengan torehan Daniel Wenas cs sebesar 80% (25/31).

Selain itu, konversi poin dari tembakan tiga angka yang dicatatkan oleh skuad Tridatu Warriors juga terhitung cukup rendah yakni hanya 18,8% (6/32) yang disumbangkan oleh Lutfi Eka Koswara (3), Abraham Wenas (1), Julius Bowie (1), dan Bima Riski Ardiansyah (1).

Bali United Basketball sendiri hanya mencatatkan keunggulan di sisi rebound dengan catatan total 52 berbanding 39 milik RJ Amartha Hangtuah Jakarta, yang mana sebanyak 21 di antaranya sukses dimenangkan secara offensive oleh Galank Gunawan dkk.

Pelatih kepala, Coach Tony pun mengakui berbagai kekurangan masih menjadi PR bagi dirinya untuk segera dibenahi khususnya dari segi free throw. Namun, dirinya tetap berbesar hati untuk mengambil tanggung jawab penuh dan tidak menyalahkan para pemainnya karena hal tersebut.

“Kami tidak bisa mengambil ekstra free throw, dan menyia-nyiakan banyak free throw. Ada banyak fakta, kalau tidak mudah datang dan bermain di depan suporter sendiri, khususnya ketika liga ini sendiri tidak punya suporter. Saya tidak berpikir kalau pemain kami di bawah tekanan. Saya pikir kami siap bermain. Saya tidak menyalahkan pemain saya, saya menyalahkan diri sendiri dan situasi,” ujar Coach Tony.

Berbagai kekurangan dari penampilan menghadapi RJ Amartha Hangtuah Jakarta tersebut tentu dapat menjadi masukan penting bagi Bali United Basketball untuk menghadapi pertandingan selanjutnya.

Dalam gim kedua IBL Tokopedia 2023 melawan Indonesia Patriots pada Senin (16/1) malam besok, sejumlah catatan minor tersebut semoga sudah mampu diatasi dengan baik.

Head up Tridatu Warriors!***

Related News


Tinggalkan Balasan